'/> Buku Smk Tata Busana

Info Populer 2022

Buku Smk Tata Busana

Buku Smk Tata Busana
Buku Smk Tata Busana
Berikut ini ialah berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Tata Busana Jilid 1 2 3. Download file PDF.

 Berikut ini ialah berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Tata Busana Jilid  Buku Sekolah Menengah kejuruan Tata Busana
Buku Sekolah Menengah kejuruan Tata Busana

Buku Sekolah Menengah kejuruan Tata Busana

Berikut ini kutipan teks/keterangan mengenai Buku Sekolah Menengah kejuruan Tata Busana:

Buku Sekolah Menengah kejuruan Tata Busana ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.

Buku teks pelajaran Sekolah Menengah kejuruan Tata Busana ini telah melalui proses evaluasi oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk Sekolah Menengah kejuruan dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.

Buku Tata Busana ini disusun menurut Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tahun 2006 dan menurut SKKNI yang terdiri dari X BAB, meliputi standar kompetensi baik kompetensi dasar, kompetensi kelompok inti, dan kelompok kompetensi spesialisasi.

Kelompok unit kompetensi inti/utama terdiri dari menggambar busana, mengukur badan pelanggan sesuai dengan desain, menciptakan teladan busana dengan teknik konstruksi, menciptakan teladan busana dengan teknik konstruksi diatas kain, menciptakan teladan busana dengan teknik drapping, menciptakan teladan busana dengan teknik kombinasi, menentukan materi baku busana sesuai dengan desain, melaksanakan pengepresan, menjahit dengan tangan dan menjahit dengan mesin (sewing), memotong (cutting) dan penyelesaian busana (finishing) menyiapkan daerah kerja yang ergonomik serta bisa menerapkan kesehatan dan keselamatan kerja ditempat kerja.

Buku ini disusun untuk memenuhi tuntutan KTSP dan SKKNI dibidang keahlian Tata Busana. Penulis telah berusaha semoga buku ini sanggup memenuhi tuntutan tersebut di atas, juga sanggup menambah pengetahuan dan keterampilan siswa Sekolah Menengah kejuruan secara umum dan masyarakat pencinta busana secara khusus. Buku ini ditulis dengan bahasa yang terperinci dan keterangan yang rinci sehingga gampang dimengerti baik oleh guru maupun oleh siswa.

Dengan terbitnya buku Tata Busana ini, semoga sanggup menambah tumpuan pengetahuan wacana tata busana dan juga sanggup memperlihatkan arti yang positif bagi kita semua. Kami berharap semoga semua yang telah kita lakukan mendapat ridho dari Allah, dan semoga dia senantiasa melimpahkan taufik dan hidayah-Nya, semoga penulis, editor dan penilai melalui goresan pena ini sanggup meningkatkan mutu pendidikan Sekolah Menengah kejuruan secara khusus.

Buku teks Tata Busana ini terdiri atas tiga jilid yang merupakan satu rangkaian pembelajaran. Buku Tata Busana Jilid I terdiri atas empat belahan yang membahas wacana pelayanan prima, kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja, serta teknik menjahit busana. Buku Tata Busana Jilid II terdiri atas tiga belahan yang mengulas wacana pemilihan dan pemeliharaan materi tekstil, desain busana, dan menciptakan teladan busana. Selanjutnya, buku Tata Busana Jilid III terdiri atas tiga belahan mengurai wacana pecah teladan busana sesuai dengan desain, memotong, menjahit, penyelesaian (cutting, sewing, finishing), serta menghias busana. Ketiga jilid buku tersebut bisa memperlihatkan pemahaman yang menyeluruh dan komprehensif kepada penerima didik dan pendidik wacana Tata Busana.

Kata �busana� diambil dari bahasa Sansekerta �bhusana�. Namun dalam bahasa Indonesia terjadi penggeseran arti �busana� menjadi �padanan pakaian�. Meskipun demikian pengertian busana dan pakaian merupakan dua hal yang berbeda. Busana merupakan segala sesuatu yang kita pakai mulai dari ujung rambut hingga ke ujung kaki. Busana ini meliputi busana pokok, pelengkap (milineris dan aksesories) dan tata riasnya. Sedangkan pakaian merupakan belahan dari busana yang tergolong pada busana pokok. Makara pakaian merupakan busana pokok yang digunakan untuk menutupi bagian-bagian tubuh.

Busana yang digunakan sanggup mencerminkan kepribadian dan status sosial sipemakai. Selain itu busana yang digunakan juga sanggup memberikan pesan atau image kepada orang yang melihat. Untuk itu dalam berbusana banyak hal yang perlu diperhatikan dan pertimbangkan sehingga diperoleh busana yang serasi, indah dan menarik.

Ilmu tata busana ialah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara memilih, mengatur dan memperbaiki, dalam hal ini ialah busana sehingga diperoleh busana yang lebih harmonis dan indah. Seiring dengan pengertian tata busana di atas, dalam buku ini akan dibahas secara rinci ilmu yang menyangkut tata busana terutama yang tercantum pada standar kompetensi dan kompetensi dasar bidang keahlian Tata Busana untuk SMK. Diharapkan pengetahuan ini sanggup membantu siswa maupun semua pihak yang terlibat pada bidang busana untuk lebih memahami ilmu busana secara umum.

Pada Bab pendahuluan buku tata busana dibahas wacana asal undangan busana, pengertian busana, fungsi busana, pengelompokan busana serta pemilihan busana. Semua ini tidak termasuk kepada tuntutan kompetensi tetapi sangat dibutuhkan sebagai pengantar sebelum membahas wacana tata busana yang diharapkan menurut standar kompetensi dan kompetensi dasar. dalam buku ini disebar pada beberapa belahan yang komprehensif dan diharapkan gampang dipahami.

Pelayanan prima (customer care), membicarakan wacana pengertian pelayanan prima, jenis-jenis pelayanan, aksara pelanggan, jenis-jenis kebutuhan pelanggan dan penanganan kebutuhan pelanggan. Selain itu juga dibahas wacana melaksanakan komunikasi di daerah kerja, memperlihatkan dukungan untuk pelanggan internal dan eksternal, standar persentasi personal, melaksanakan pekerjaan dalam lingkungan sosial yang bermacam-macam yang meliputi komunikasi dengan pelanggan dan kolega dari latar belakang yang berbeda, dan menangani kesalahpahaman antarbudaya.

Hal yang tidak kalah pentingnya ialah kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja (K3). Ini penting sekali diperhatikan pada ketika bekerja terutama pekerjaan yang berisiko baik terhadap diri sendiri, daerah kerja, maupun produk yang dikerjakan. K3 yang dibahas meliputi dasar-dasar K3, standar operasional mekanisme K3, aturan dan mekanisme K3, serta menangani situasi darurat. Hukum K3 yang berlaku secara international, mekanisme K3 di daerah kerja (custum made), Jenis-jenis kecelakaan kerja, menerapkan praktik kesehatan dan keselaman kerja serta merapikan area dan daerah kerja. 

Pengetahuan alat jahit dan pemeliharaannya menyiapkan daerah kerja dan alat menjahit dengan tangan. Menyelesaikan busana dengan teknik jahit tangan, serta merapikan area dan daerah kerja. Bab V ialah teknik menjahit busana membahas wacana teknik dasar menjahit, kampuh dasar, teknik menjahit bagian-bagian busana, belahan busana, menyiapkan daerah dan alat press, mengerjakan pengepresan dan menerapkan praktik K3 dalam mengepres.

Pemilihan dan pemeliharaan materi tekstil membahas wacana pembagian terstruktur mengenai serat tekstil, pemeliharaan materi tekstil, materi utama busana, materi pelapis dan materi pelengkap serta pemeliharaan busana. Desain busana meliputi pengertian desain, jenis-jenis desain, unsur-unsur desain, prinsip-prinsip desain, penerapan unsur dan prinsip desain pada busana, alat dan materi untuk mendesain, anatomi badan untuk desain, menggambar bagian-bagian busana, serta pewarnaan dan penyelesaian gambar.

Membuat teladan busana meliputi pengertian teladan busana, konsep dasar menciptakan teladan busana, menciptakan teladan busana dengan teknik draping, menciptakan teladan busana dengan teknik konstruksi, menciptakan teladan busana dengan teknik konstruksi di atas kain, dan menggambar teladan dengan teknik kombinasi.

Dalam buku ini juga dibahas beberapa teknik pecah teladan busana sesuai dengan desain, terdiri dari konsep dasar pecah teladan busana, pecah teladan rok sesuai desain, pecah teladan blus sesuai desain, dan pecah teladan celana sesuai dengan desain. Bab IX Memotong bahan, menjahit dan penyelesaian (cutting, sewing, finishing) membahas wacana daerah kerja, menyiapkan bahan, meletakkan teladan di atas bahan, memotong materi sesuai teladan pakaian, serta mengemas teladan dan potongan materi bagian-bagian busana (bundeling).

Membuat hiasan pada busana membahas wacana daerah kerja dan alat, konsep dasar menghias busana, menciptakan desain hiasan untuk busana, memindahkan desain hiasan pada kain atau busana, menciptakan hiasan pada kain atau busana, menyimpan busana atau kain yang telah dihias serta merapikan area dan alat kerja.

Materi yang diuraikan di atas, terkelompok pada standar kompetensi yang terdiri dari standar kompetensi kejuruan dan kompetensi kejuruan yang tersebar kepada beberapa kompetensi dasar. Agar sanggup mengikuti perkembangan zaman terutama perkembangan IPTEKS diharapkan siswa selalu mengupdate ilmunya dengan perkembangan yang ada di lingkungannya sehingga kompetensi yang diperoleh, baik kognitif, afektif maupun psikomotor sesuai dengan yang dibutuhkan stakeholders atau pengguna.

    Download Buku Sekolah Menengah kejuruan Tata Busana

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Tata Busana ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    Buku Sekolah Menengah kejuruan Tata Busana



    Download File:
    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Sekolah Menengah kejuruan Tata Busana. Semoga bisa bermanfaat.
    Advertisement

    Iklan Sidebar