'/> Buku Smk Seni Rupa

Info Populer 2022

Buku Smk Seni Rupa

Buku Smk Seni Rupa
Buku Smk Seni Rupa
Berikut ini ialah berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Seni Rupa Jilid 1 2. Download file PDF.

 Berikut ini ialah berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Seni Rupa Jilid  Buku Sekolah Menengah kejuruan Seni Rupa
Buku Sekolah Menengah kejuruan Seni Rupa

Buku Sekolah Menengah kejuruan Seni Rupa

Berikut ini kutipan teks/keterangan mengenai Buku Sekolah Menengah kejuruan Seni Rupa:

Buku Sekolah Menengah kejuruan Seni Rupa ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.

Buku teks pelajaran Sekolah Menengah kejuruan Seni Rupa ini telah melalui proses evaluasi oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk Sekolah Menengah kejuruan dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk dipakai dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.

Buku ini sanggup berfungsi ganda, pertama mempunyai kegunaan bagi siswa dan guru Sekolah Menengah kejuruan Seni dan Budaya untuk mendalami seni rupa, kedua juga sanggup dipakai sebagai acuan guru dan siswa sekolah non-kejuruan seni untuk memperdalam wacana pelajaran seni di sekolah mulai dari tingkat sekolah dasar dan menengah.

Pendidikan kejuruan seni pada dasarnya menyangkut empat hal pokok yakni: ketrampilan teknik, kepekaan estetik, kreativitas, dan apresiasi. Keempat hal ini saling berkaitan satu sama lainnya, apabila lebih disederhanakan hanya menyangkut dua hal yaitu ketrampilan teknik dan kepekaan estetik. Kenapa keempat hal ini menjadi hal pokok dalam pendidikan kejuruan seni? Apabila dicermati bidang seni intisarinya ialah estetik atau keindahan, hal ini bekerjsama menempel dalam kehidupan manusia. Orang tidak sanggup membuat karya seni tetapi ia mempunyai sense of beauty, hal ini sanggup dilihat ketika menentukan sesuatu ia menentukan dengan pertimbangan bentuk dan warna yang disukainya, ketika ada lagu yang sesuai dengan kesukaannya ia merasa bahagia itulah perasaan keindahan yang dimiliki setiap manusia.

Untuk membuat karya seni selain mempunyai rasa keindahan, orang harus mempunyai kemampuan cara membuatnya, kemampuan cara melakukannya. Mau membuat gambar ia harus mempunyai kemampuan cara menggambar, ingin sanggup menari harus mempunyai cara melaksanakan gerak tari, begitu pua berlaku jikalau ingin membuat jenis seni lainnya. Apabila berhenti pada cara membuat dan melaksanakan maka seseorang hanya sanggup meniru, untuk lebih meningkatkan kemampuan maka seseorang yang berkiprah dalam seni ia harus mempunyai kemampuan mencipta yang disebut dengan kemampuan kreatif. Kemampuan kreatif juga dimiliki oleh manusia, dan kemampuan ini pula yang membedakan status insan dengan mahluk lainnya di bumi ini. Kemampuan inilah yang meyebabkan peradaban insan sanggup berkembang hingga ketika ini. Bintang bisa membuat sarang tetapi tidak berkembang, mereka hanya dituntun oleh insting secara alami. Sesungguhnya kemampuan kreatif insan itu merupakan anugrah yang sangat luar biasa jikalau dikembangkan dengan baik. Selanjutnya ketika insan telah sanggup mencipta, ia harus dibekali pula oleh kemampuan untuk memelihara dan menghargai ciptaannya, hal ini pula yang menunjukan insan mempunyai peradaban.

Makara buku ini dikembangkan dengan landasan alami, yakni menggali potensi insan yang bekerjasama dengan kemampuan estetik, dan kreativitas yang dimilikinya semenjak lahir. Maka materi yang diuraikan menyangkut wacana wawasan yang bekerjasama dengan seni rupa untuk menunjukkan perspektif yang lebih luas sebagai dasar intelektualitas dalam bidang seni. Selanjutnya buku ini berisi pula latihan-latihan untuk membentuk ketrampilan seni rupa dengan memakai banyak sekali jenis bahan, utamanya materi seni rupa dua dimensi yang gampang didapat serta latihan meningkatkan kepekaan estetik dan kemampuan kreatif, serta kemampuan menghargai karya seni rupa dengan memakai beberapa teknik analisisnya.

Penulisan buku ini dilandasi oleh pengalaman dalam menunjukkan diklat seni rupa kepada guru-guru seni rupa dan kriya semenjak kurun waktu tahun 1982 hingga 2007. dari pengalaman mencar ilmu seni rupa kemudian mengajarkannya kepada guru, pengalaman dan pengetahuan tersebut dikonstruksikan menjadi buku ini yang terdiri dari delapan bab. Secara garis besar buku ini berisikan teori dan praktek sebagai suatu yang tidak sanggup dipisahkan. Bab I sebagai pedahuluan menyangkut wacana manfaat seni rupa dalam kehidupan insan serta potensi Indonesia dalam bidang seni budaya dan kekayaan alam melimpah yang sanggup dipakai membuat karya seni bagi kesejahteraan masyarakat. Bab II berisikan wacana wawasan seni rupa yang melandasi bab-bab selanjutnya. Sebab pengetahuan wacana seni secara lebih luas diharapkan untuk menggerakkan potensi estetik dan kreatif. Bab III menyangkut persoalan pengetahuan materi dan alat, hal ini diharapkan sebelum mulai praktek alasannya ialah banyak sekali jenis alat dan materi mempunyai abjad masing yang perlu diketahui dan dikuasi cara meng- gunakannya. Bab IV merupakan sesi untuk mengasah kepekaan estetik sebagai dasar dari acara seni. Kepekaan estetik merupakan core dalam acara seni, jadi perlu dipertajam sehingga dalam membuat karya seni diikuti dengan pertimbangan estetik yang baik. Bab V berisikan latihan teknik menggambar dan membentuk sebagai dua acara pokok yang melandasi penciptaan seni dua dan tiga dimensi. Bab VI ialah pengasahan kemampuan kreatif yang sangat penting dalam berkesenian biar tidak mandeg dalam membuat bentuk-bentuk seni yang baru. Bab VII ialah pengasahan kemampuan memelihara dan menghargai ciptaan seni sebagai pecahan dari kebudayaan manusia. Bab VIII sebagai pecahan epilog merupakan refleksi kondisi pendidikan kejuruan yang perlu menerima perhatian dan dikembangkan guna kepentingan setrategi budaya dan perekonomian rakyat berbasis kepada seni rupa dan kriya yang mempunyai potensi sangat besar.

    Download Buku Sekolah Menengah kejuruan Seni Rupa

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan Seni Rupa ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    Buku Sekolah Menengah kejuruan Seni Rupa



    Download File:
    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Sekolah Menengah kejuruan Seni Rupa. Semoga bisa bermanfaat.
    Advertisement

    Iklan Sidebar