'/> Buku Ppkn Guru Dan Siswa Kelas 12 Sma Ma Smk Mak Edisi Revisi 2018

Info Populer 2022

Buku Ppkn Guru Dan Siswa Kelas 12 Sma Ma Smk Mak Edisi Revisi 2018

Buku Ppkn Guru Dan Siswa Kelas 12 Sma Ma Smk Mak Edisi Revisi 2018
Buku Ppkn Guru Dan Siswa Kelas 12 Sma Ma Smk Mak Edisi Revisi 2018
Berikut ini ialah berkas Buku PPKn Guru dan Siswa Kelas 12 SMA/MA SMK/MAK dan sederajat Edisi Revisi 2018 Kurikulum 2013. Download file format PDF.

 Berikut ini ialah berkas Buku PPKn Guru dan Siswa Kelas  Buku PPKn Guru dan Siswa Kelas 12 Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan MAK Edisi Revisi 2018
Buku PPKn Guru dan Siswa Kelas 12 SMA/MA SMK/MAK Edisi Revisi 2018

Buku PPKn Guru dan Siswa Kelas 12 SMA/MA SMK/MAK Edisi Revisi 2018

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku PPKn Guru dan Siswa Kelas 12 SMA/MA SMK/MAK Edisi Revisi 2018 Kurikulum 2013:

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) ialah mata pelajaran yang dirancang untuk membekali siswa dengan keimanan dan moral mulia sebagaimana diarahkan oleh falsafah hidup bangsa Indonesia yaitu Pancasila.

Melalui pembelajaran PPKn, siswa dipersiapkan untuk sanggup berperan sebagai warga negara yang imbas f dan bertanggung jawab. Oleh alasannya ialah itu, dalam mata pelajaran ini membahas secara utuh materi Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika. Materi-materi tersebut, diharapkan sanggup diterjemahkan oleh siswa di dalam tata cara kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat dengan dak mengesampingkan nilai-nilai universal kemanusiaan dalam implementasinya.

Sebagai belahan dari Kurikulum 2013, kompetensi yang dibuat melalui pembelajaran PPKn untuk Pendidikan Menengah Kelas XII haruslah mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ketiga kompetensi tersebut, diajarkan untuk menciptakan siswa terampil dalam menerapkan hasil pembelajaran PPKn dalam kehidupan nyata. Hal tersebut diharapkan dapat membentuk siswa menjadi seorang warga negara yang taat dan meyakini falsafah hidup bangsa Indonesia dalam kesehariannya. Dengan demikian, kompetensi lulusan pendidikan menengah bisa menjadi cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

Untuk mencapai kompetensi seperti  di atas, pembelajaran PPKn dirancang berbasis aktivitas. Berbagai ak vitas yang dibuat, akan diubahsuaikan dengan  tema kewarganegaraan. Hal itu diharapkan sanggup mendorong siswa menjadi warga negara yang bertanggung jawab melalui kepeduliannya terhadap permasalahan dan tantangan yang dihadapi bangsa, negara, dan masyarakat sekitar hingga peradaban dunia. Kepedulian tersebut, ditunjukkan dalam bentuk partisipasi aktif dalam pengembangan komunitas yang terkait dengan dirinya. Kompetensi yang dihasilkan bukan lagi terbatas pada kajian pengetahuan ataupun keterampilan penyajian dalam bentuk karya tulis akan tetapi, lebih ditekankan kepada keterampilan berbentuk ndakan nyata sebagai perwujudan dari sikap peduli, bertanggung jawab, dan cinta tanah air yang telah terasah dalam diri siswa.

Buku ini menjabarkan perjuangan minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diajak menjadi berani untuk mencari sumber mencar ilmu lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya.

Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) ini merupakan buku pegangan dalam proses pembelajaran. Buku ini banyak sekali manfaatnya bagi siswa dan guru. Bagi siswa, buku ini akan mengantarkan mereka memperoleh wawasan yang dibutuhkan untuk menjadi warga negara yang baik. Sedangkan bagi guru, buku ini sanggup dijadikan sebagai panduan dalam melaksanaan proses pembelajaran, baik di dalam maupun di lingkungan sekolah.

Penyusunan buku ini diharapkan menjadi tanggapan atas tuntutan terhadap adanya buku pelajaran yang berkualitas. Maksudnya ialah buku pelajaran yang tidak hanya memaparkan materi, akan tetapi membelajarkan siswa tentang materi. Buku ini membuatkan kompetensi kewarganegaraan melalui pendekatan scienti?c. Pendekatan tersebut, akan mendorong Anda untuk selalu mengamati, menanya, mengumpulkan data, menalar, dan mengomunikasikan.

Buku ini disusun menurut kurikulum 2013. Materi yang disajikan dalam buku ini dikemas secara sistematis dan menarik serta ditujukan untuk meningkatkan kreativitas Anda. Bahasa yang dipergunakan merupakan bahasa yang gampang dipahami oleh Anda. Dengan kata lain, bahasa yang dipergunakan bukanlah bahasa yang kaku, tetapi bahasa yang ?eksibel serta bersahabat dengan Anda. Selain itu, kami melengkapi penyajian dengan beragam rubrik yang menarik. Rubrik-rubrik yang disajikan di dalam buku ini, telah kami rancang biar bisa mendorong Anda untuk aktif dalam setiap rangkaian proses pembelajaran. Adapun sistematika yang terdapat dalam buku ini di antaranya sebagai berikut.
  1. Pengantar. Bagian ini terdapat pada awal setiap bab, fungsinya untuk menunjukkan citra awal mengenai materi pembelajaran yang akan Anda pelajari. Oleh alasannya ialah itu, Anda akan disuguhi gambar atau lagu yang tentunya akan semakin mendorong Anda untuk lebih tahu lagi materi yang dipelajari pada belahan tersebut.
  2. Materi Pembelajaran. Bagian ini berisi paparan materi pembelajaran yang harus Anda pelajari. Materi pembelajaran disajikan dengan menarik dan didukung oleh gambar-gambar yang relevan serta contoh-contoh yang bersumber dari peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar. Materi pembelajaran, dilengkapi dengan rubrik Info Kewarganegaraan  yang berisi ihwal informasi-informasi komplemen yang tentunya akan memperluas cakrawala berpikir Anda. Selain itu, terdapat rubrik Penanaman Kesadaran Berkonstitusi. Rubrik ini yang berisi nilai-nilai sifatnya penting dan fundamental yang akan mengarahkan Anda dalam pergaulan di aneka macam lingkungan kehidupan.
  3. Tugas Mandiri dan Kelompok. Bagian ini mengajak Anda berlatih baik secara berdikari atau berkelompok untuk menuntaskan aneka macam tugas, baik dengan cara membaca aneka macam literatur/buku, menganalisis suatu kasus, melaksanakan pengamatan terhadap aneka macam insiden yang sedang terjadi di lingkungan sekitar ataupun melaksanakan wawancara dengan para tokoh masyarakat atau aparatur negara.
  4. Refleksi. Melalui belahan ini, Anda diajak untuk mengevaluasi diri serta merenungkan apa saja yang telah Anda berikan atau lakukan untuk kemajuan bangsa dan negara.
  5. Rangkuman. Untuk mempermudah Anda dalam memahami materi pembelajaran, buku ini juga dilengkapi dengan rubrik rangkuman. Rubrik ini berisi intisari materi pembelajaran dalam satu bab.
  6. Penilaian Diri. Bagian ini untuk mengukur kesesuaian sikap dan sikap Anda sebagai warga negara, serta penilaian atas pemahaman materi pembelajaran. Oleh alasannya ialah itu, Anda diajak untuk menilai diri sendiri dengan menunjukkan argumen atas nilai yang Anda menetapkan serta mengklari?kasi nilai-nilai yang berkembang di masyarakat melalui wacana yang dibaca.
  7. Proyek Kewarganegaraan. Rubrik ini bertujuan melatih kecakapan Anda dalam mengolah potensi berpikir kritis. Oleh alasannya ialah itu, Anda akan diajak mengerjakan seperangkat kiprah yang sanggup meningkatkan keterampilan Anda sebagai warga negara. Tugas-tugas tersebut, dikemas dalam bentuk penelitian sederhana, analisis kasus, debat, menulis artikel, dan bermain kiprah atau simulasi.
  8. Uji Kompetensi. Bagian ini berfungsi untuk mengukur sejauhmana kompetensi yang telah Anda kuasai sesudah mempelajari materi pembelajaran pada satu bab. Anda akan diajak untuk menjawab aneka macam soal yang terdapat dalam belahan ini.

Secara umum, penyusunan buku guru untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dimaksudkan untuk memfasilitasi para guru PPKn dalam menempatkan sekolah sebagai belahan dari  masyarakat yang menunjukkan pengalaman mencar ilmu biar akseptor didik bisa menerapkan apa yang dipelajari di sekolah ke masyarakat dan memanfaatkan masyarakat sebagai sumber belajar. Hal ini dimaksudkan untuk:
  1. Membangun persepsi dan sikap positif terhadap mata pelajaran PPKn sesuai dengan ide, regulasi, karakteristik psikologis-pedagogis, dan fungsinya dalam konteks sistem pendidikan nasional.
  2. Memahami secara utuh dan menyeluruh karakteristik PPKn Kurikulum 2013 sebagai landasan membangun pola sikap dan pola sikap profesional sebagai guru PPKn.
  3. Memfasilitasi tumbuhnya kesejawatan (kolegialisme) guru PPKn untuk mewujudkan pembelajaran PPKn dan pengembangan budaya kewarganegaraan di lingkungan satuan pendidikan dan lingkungan sosial-kultural akseptor didik.
  4. Mengembangkan diri sebagai guru PPKn yang profesional dan dinamis dalam menyikapi dan memecahkan masalah-masalah mudah terkait visi dan misi PPKn di lingkungan satuan pendidikan.

Secara khusus, Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini bertujuan sebagai berikut:
  1. Memberikan pemahaman guru PPKn tentang: a. latar belakang mata pelajaran PPKn; b. misi mata pelajaran PPKn; c. substansi mata pelajaran PPKn; d. karakteristik mata pelajaran PPKn; e. seni administrasi pembelajaran sainti?k, dan; f. penilaian otentik mata pelajaran PPKn.
  2. Meningkatkan kemampuan guru PPKn dalam: a. mengikuti keadaan dengan tuntutan PPKn; b. melaksanakan sistem pembelajaran dan penilaian PPKn secara tepat; c. mengoptimalkan pemanfaatan media dan sumber mencar ilmu PPKn; d. memelihara dan meningkatkan profesionalitas sebagai guru PPKn; e. membangun administrasi yang mendukung sistem pembelajaran dan penilaian PPKn secara tepat.
  3. Menjadi teladan guru PPKn dalam: a. merancang pembelajaran dari KI dan KD ke dalam materi ajar, pendekatan, strategi, metode, dan model pembelajaran secara lebih inovatif, kreatif, efektif, e? sien dan sesuai dengan kebutuhan, kapasitas, karakteristik dan sosial budaya daerah, sekolah/satuan pendidikan dan akseptor didik; b. membuatkan dan memanfaatkan sumber mencar ilmu lebih kreatif, inovatif, efektif, e? sien, dan kontekstual sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik akseptor didik serta kondisi sosial budaya daerah; c. merancang dan melaksanakan penilaian kompetensi akseptor didik (aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan) secara utuh sesuai dengan prinsip sahih, objektif, adil, terpadu, terbuka, menyeluruh dan berkesinambungan, sistematis, beracuan kriteria, dan akuntabel.

Buku ini merupakan pedoman guru dalam mengelola program pembelajaran terutama dalam memfasilitasi akseptor didik untuk mendalami PPKn sebagaimana terdapat dalam buku akseptor didik. Buku ini merupakan petunjuk teknis untuk mengoperasionalkan materi pembelajaran yang terdapat dalam buku akseptor didik. Oleh alasannya ialah itu, sudah semestinya guru membaca dan mengimplementasikannya dalam setiap melaksanakan proses pembelajaran.

Secara garis besar, buku guru ini terdiri atas dua bagian, yaitu bagian I petunjuk umum dan belahan II petunjuk khusus pembelajaran PPKn.

Secara lebih terinci, ruang lingkup Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ialah sebagai berikut:
  1. Bagian I Petunjuk Umum, menguraikan maksud dan tujuan penyusunan buku guru, petunjuk penggunaan buku guru, KI dan KD mata pelajaran PPKn dalam kurikulum 2013, karakteristik mata pelajaran PPKn dan seni administrasi pembelajaran PPKn.
  2. Bagian II petunjuk khusus pembelajaran PPKn, menguraikan petunjuk pembelajaran tiap kompetensi dasar.

Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas XII mempunyai 4 Kompetensi Inti dan 16 Kompetensi Dasar. Setiap kompetensi inti mempunyai kedudukannya sebagai berikut.
  1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual;
  2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial;
  3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan
  4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan

Pembelajaran KD sikap spiritual dan KD sikap sosial dilaksanakan secara pribadi bersamaan dengan KD pengetahuan dan keterampilan. Pengembangan sikap sanggup dilakukan oleh guru melalui gambar, cerita, film dalam kegiatan mencar ilmu mengajar yang diubahsuaikan dengan materi ajar dan konteks lingkungan mencar ilmu akseptor didik, contohnya menanyakan sikap seorang hakim di forum peradilan dalam menetapkan perkara berdasarkan pada sila Ketuhanan Yang Maha Esa dan sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Berikut ini dipaparkan penyebaran kompetensi inti dan kompetensi dasar selengkapnya:
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
1.1 Menghargai perbedaan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam rangka menghormati hak asasi manusia.
1.2 Menjalankan sikap orang beriman dalam praksis pertolongan dan penegakan aturan untuk menjamin keadilan dan kedamaian.
1.3 Menyikapi dampak kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan tetap memegang nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa.
1.4 Mensyukuri persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk pengabdian.

2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif sebagai belahan dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1 Bersikap responsif dan proaktif terhadap pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
2.2 Berperilaku jujur dalam praktik perlindungan dan penegakan hukum di tengah masyarakat.
2.3 Bertanggung jawab dalam menyikapi dampak kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
2.4 Bersikap proaktif dalam membuatkan persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesi?k sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
3.1 Menganalisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.2 Mengevaluasi praktik perlindungan dan penegakan aturan untuk menjamin keadilan dan kedamaian.
3.3 Mengidenti? kasi dampak kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap negara dalam bingkai BhinnekaTunggal Ika.
3.4 Mengevaluasi dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara berdikari serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
4.1 Menyaji hasil analisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
4.2 Mendemostrasikan hasil penilaian praktik pertolongan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian.
4.3 Mempresentasikan hasil identi?kasi dampak kemajuan  ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
4.4 Merancang dan mengkampanyekan persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kompetensi Inti kelas XII dijabarkan ke dalam 16 Kompetensi Dasar yang akan ditransformasikan dalam kegiatan pembelajaran satu tahun (dua semester) yang terurai dalam 28 minggu. Agar kegiatan pembelajaran tidak terlalu panjang, 28 ahad itu dibagi menjadi dua semester, semester pertama dan semester kedua.

Semester pertama terdiri atas 16 ahad dan semester kedua hanya 12 minggu alasannya ialah waktu efektif mencar ilmu di kelas XII hanya hingga pada bulan Maret. Dengan demikian, waktu efektif untuk kegiatan pembelajaran mata pelajaran PPKn sebagai mata pelajaran wajib di SMA/MA/SMK/MAK disediakan waktu 2 x 45 menit x 28 minggu.

    Download Buku PPKn Guru dan Siswa Kelas 12 SMA/MA SMK/MAK Edisi Revisi 2018

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku PPKn Guru dan Siswa Kelas 12 SMA/MA SMK/MAK Edisi Revisi 2018 Kurikulum 2013 ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    Buku Guru PPKn SMA/MA SMK/MAK Kelas 12 Edisi Revisi 2018



    Download File:

    Buku Guru PPKn SMA/MA SMK/MAK Kelas 12 Edisi Revisi 2018.pdf
    Buku Siswa PPKn SMA/MA SMK/MAK Kelas 12 Edisi Revisi 2018.pdf


    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Guru dan Buku Siswa Pelajaran PPKn SMA/MA dan SMK/MAK sederajat Kelas 12 Edisi Revisi 2018. Semoga bisa bermanfaat.

    Untuk buku kurikulum 2013 untuk guru dan siswa kelas 12 pelajaran lainnya (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, PAI, PPKn, Sejarah, dan lain-lain) silahkan anda lihat dan unduh:
    Buku Pegangan Guru dan Siswa Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan MAK Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018
    Advertisement

    Iklan Sidebar